5 Cabang Ilmu Matematika yang Menarik Dipelajari

5 Cabang Ilmu Matematika yang Menarik Dipelajari

Privat MatematikaMatematika dikenal sebagai bahasa alam semesta. Kata matematika berasal dari istilah ‘Mathema’ yang berarti Sains atau pengetahuan. Sama seperti bidang studi lainnya, matematika juga dibagi menjadi cabang studi besar dan kecil.

Pembagian dan pembagian mata pelajaran ini diperlukan agar masyarakat dapat fokus dan mengkhususkan diri pada suatu hal tertentu dari dalam bidangnya. Umumnya matematika ditulis sebagai Matematika.

Matematika secara garis besar dapat dikategorikan menjadi dua bidang, yaitu matematika murni dan matematika terapan. Kedua bidang ini kemudian bercabang lagi ke berbagai cabang lainnya.

Pada artikel ini, kita akan mempelajari berbagai cabang matematika seperti geometri, aljabar, aritmatika, teori bilangan, probabilitas, dan statistik, dll, definisi, kegunaan, dan penerapannya.

Mari kita pelajari lebih lanjut tentang berbagai cabang matematika secara mendetail.

Cabang Matematika

Matematika telah memberikan kontribusi yang cukup besar, khususnya di bidang teknologi. Dengan demikian, terdapat beberapa cabang penting matematika mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut.

Matematika secara luas dapat dikategorikan menjadi dua bidang – matematika murni dan matematika terapan. Kedua bidang ini kemudian bercabang lagi menjadi berbagai divisi lainnya. Berikut ini 5 cabang ilmu matematika yang menarik untuk dipelajari.

  1. Geometri

Geometri adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari bentuk dan ukuran benda, posisi relatifnya, dan kualitas ruang. Kata geometri berasal dari kata Yunani Kuno geo-“bumi”, metrik-“pengukuran”.

Euclid, ahli matematika Yunani dikenal sebagai “bapak geometri”. Geometri melibatkan studi tentang sudut, bentuk, ukuran, gambar, atau objek geometris apa pun baik dalam dimensi, yaitu 2D (lingkaran, segitiga, persegi, dll) dan 3D (bentuk 3D seperti kubus, kerucut, bola, dll).

Sifat-sifat khusus bentuk-bentuk ini juga dipelajari dalam cabang matematika ini.

Artikel lainnya  Sssttt… Udah Tahu Belum 5 Fakta Menarik Matematika Ini?

Beberapa istilah dasar yang berhubungan dengan geometri adalah fungsi titik, garis, ruas garis, sudut , bidang koordinat, berbagai jenis permukaan, bentuk dan benda padat lainnya , dll.

Penerapan praktis terbaik dari geometri yang dapat Anda lihat adalah kita semua menggunakan geometri. di GPS untuk menemukan cara. Ini juga digunakan oleh industri manufaktur. Tidak salah jika dikatakan bahwa geometri adalah cabang matematika paling praktis di dunia.

  1. Aljabar

Aljabar merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari variabel, simbol, bilangan dan aturan manipulasinya. Aljabar mewakili atau membantu dalam merepresentasikan masalah atau situasi sebagai ekspresi matematika.

Ini terdiri dari variabel seperti x, y, z. Selain itu, juga melibatkan ekspresi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian untuk menghasilkan ekspresi matematika yang signifikan.

Aljabar membantu menyelesaikan persamaan matematika dan membantu menurunkan besaran yang tidak diketahui seperti bunga, proporsi, persentase. Beberapa istilah dasar yang terkait dengan aljabar adalah variabel , konstanta, koefisien, ekspresi, dan persamaan.

Selain itu, juga melibatkan ekspresi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian untuk menghasilkan ekspresi matematika yang signifikan. Aljabar membantu menyelesaikan persamaan matematika dan membantu menurunkan besaran yang tidak diketahui seperti bunga, proporsi, persentase.

Aljabar digunakan untuk mengetahui nilai yang hilang atau tidak diketahui dalam ekspresi atau persamaan aljabar. Aljabar tidak hanya mencakup persamaan aljabar saja. ia memiliki lebih banyak aturan operasi lainnya, persamaan polinomial , dll.

Aljabar adalah salah satu cabang studi matematika yang paling penting dan diterapkan di berbagai bidang studi lain juga seperti fisika, kimia, teknik, dan bahkan ekonomi dan akuntansi.

  1. Aritmatika

Aritmatika adalah cabang matematika yang berhubungan dengan bilangan dan operasi seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian serta perhitungan yang lebih kompleks seperti persentase, logaritma , eksponensial, dan akar kuadrat.

Artikel lainnya  7 Ahli Matematika yang Berjasa Sepanjang Masa

Kata aritmatika berasal dari kata Yunani “arithmos” yang berarti angka. Menurut teorema dasar aritmatika, bilangan bulat apa pun yang lebih besar dari 1 mempunyai faktorisasi prima yang unik, tidak termasuk ordo faktor-faktornya. Teori ini dikemukakan oleh Carl Friedrich Gauss pada tahun 1801.

Aritmatika juga melibatkan konsep matematika yang lebih kompleks seperti limit , eksponen, dll. Aritmatika adalah cabang matematika yang paling sederhana dan paling penting karena digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga digunakan untuk perhitungan, dll.

  1. Kalkulus

Kalkulus merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang paling kompleks dan sangat maju, yang notabene mempunyai tingkatan didalamnya, baik itu prakalkulus, kalkulus lanjutan, kalkulus multivariabel dipercepat, kalkulus diferensial , kalkulus integral , dan lain-lain.

Kalkulus pada mulanya dikenal dengan sebutan “ kalkulus yang sangat kecil” atau “kalkulus yang sangat kecil”, adalah studi matematika tentang perubahan yang terus-menerus, sama seperti geometri adalah studi tentang bentuk. Empat konsep dasar dasar kalkulus adalah limit, fungsi, integral, dan deret tak hingga.

Kalkulus digunakan untuk menyelesaikan luas bangun yang rumit, mengevaluasi data survei, keselamatan kendaraan, atau menemukan perubahan kondisi suatu sistem yang mempengaruhi, dll. Kalkulus adalah bahasa para ekonom, arsitek, ahli medis, dan ahli statistik, dll.

Kalkulus saat ini digunakan di banyak bidang, salah satu cabang paling mendasar dari matematika murni yang paling banyak digunakan dalam matematika terapan.

  1. Trigonometri

Trigonometri adalah cabang matematika yang mempelajari hubungan antara sisi dan sudut suatu segitiga. Kata trigonometri berasal dari kata Yunani “trigonon” yang berarti segitiga dan “metron” yang berarti “mengukur”, trigonometri berfokus pada mempelajari sudut dan sisi segitiga untuk mengukur jarak dan panjang.

Fungsi yang menyatakan hubungan antara sisi dan sudut suatu segitiga adalah fungsi trigonometri. Enam fungsi dasar trigonometri adalah sinus, kosinus, tangen, kotangen, garis potong, dan kosekan.

Artikel lainnya  Yuk, Tes Seberapa Cerdas dan Kreatif Kamu Lewat Tes yang Satu Ini!

Trigonometri adalah ilmu yang mempelajari korelasi antara sudut dan sisi segitiga. Trigonometri adalah tentang berbagai segitiga dan sifat-sifatnya.

Trigonometri dapat digunakan untuk menghitung ketinggian gunung; ini juga dapat digunakan untuk menghitung jarak antara bintang atau planet dalam Astronomi, dan digunakan secara luas dalam Fisika, Arsitektur, dan sistem navigasi GPS.

Itulah 5 cabang ilmu matematika yang menarik untuk dipelajari dan sangat bermanfaat dalam di dalam perkembangan ilmu-ilmu lainnya. Tertarik belajar matematika dengan lebih seru dan menarik? Yuk, ikut privat di privatmatematika.com!

Artikel Lainnya

Ayo Daftar Les Privat Matematika

AYO TUNGGU APA LAGI SEGERA DAFTARKAN DIRI KAMU...

Hanya di Privat Matematika jadikan matematika pelajaran matematika mudah difahami dan menyenangkan