Ssst… Ini Cara Mudah Mengerjakan Soal Logaritma

Ssst… Ini Cara Mudah Mengerjakan Soal Logaritma

Privat MatematikaSiapa yang masih bingung dan sering kesulitan dalam mengerjakan soal logaritma matematika? Ternyata ada loh cara mudah mengerjakan soal logaritma matematika. Mau tahu bagaimana caranya?

Kita akan bahas di dalam artikel kali ini, tapi sebelumnya kamu perlu ingat, cara mudah bukan berarti kamu tidak perlu berhitung sama sekali ya, namanya juga soal matematika, hehe.

Dalam buku Cerdas Belajar Matematika, Marthen Kanginan (2007:20), logaritma adalah invers dari perpangkatan. Cara menyelesaikannya dibutuhkan pemahaman khusus mengenai rumus yang digunakan.

Sebelum mengetahui cara mengerjakan logaritma menggunakan rumus dalam matematika, perlu mengetahui terlebih dahulu cara penulisan logaritma itu sendiri.

Masih dalam buku Cerdas Belajar Matematika, Marthen Kanginan (2007:20), inilah cara menuliskan notasi logaritma, yang disingkat dengan log.

plog a = n

jika dan hanya jika(if and only if)  p = a

  • p disebut bilangan pokok, syaratnya p>0 dan p≠1.
  • a disebut numerus (bilangan yang dicari logaritmanya), syaratnya a > 0. n disebut hasil logaritma, bisa positif, nol, ataupun negatif.

Setelah mengetahui bentuk atau rumus dari logaritma, selanjutnya beranjak pada cara mengerjakan logaritma.

Mengubah Bentuk Perpangkatan Menjadi Logaritma

Contoh soal:

Tulislah bilangan berpangkat berikut dalam bentuk logaritma.

Gunakan definisi untuk menyelesaikan soal ini.

Pn = a  menjadi  plog a = n

Untuk penyelesaian pada contoh di atas dapat dilakukan dengan memposisikan angka-angka sesuai dengan rumus matematika pada logaritmanya.

Mengubah Bentuk Logaritma menjadi Perpangkatan

Tulislah logaritma ini ke dalam bentuk bilangan berpangkat.

Pada contoh soal ini, bentuk logaritma harus diubah kembali menjadi bilangan berpangkat. Caranya masih sama, dengan memposisikan angka yang sesuai dengan rumus matematikanya.

Artikel lainnya  5 Cabang Ilmu Matematika yang Menarik Dipelajari

Perhitungan dengan Mengubah Bentuk Perpangkatan Menjadi Logaritma

dari definisi logaritma, diperoleh

Sebagai informasi tambahan, yang kali pertama menemukan logaritma adalah John Napier. Napier lahir pada tahun 1550 di Kastel Merchiston, Skotlandia. Dengan logaritma, beliau mampu menyelesaikan perhitungan yang rumit dalam perkalian dan pembagian.

Beliau menghitung perkalian dengan menggunakan sifat penjumlahan logaritma. Sedangkan menghitung pembagian dengan menggunakan sifat pengurangan logaritma.

Selama 350 tahun, logaritma ini mampu memberikan bantuan utama dalam komputasi. Itulah cara mengerjakan logaritma, yang merupakan invers dari bilangan berpangkat.

Dengan melakukan banyak latihan soal sebagai pembelajaran, logaritma akan mudah dipahami dan dikuasai.

Artikel Lainnya

Ayo Daftar Les Privat Matematika

AYO TUNGGU APA LAGI SEGERA DAFTARKAN DIRI KAMU...

Hanya di Privat Matematika jadikan matematika pelajaran matematika mudah difahami dan menyenangkan